DUNIA HERBAL

Memberikan informasi seputar dunia herbal
Manfaat tanaman obat, manfaat obat tradisional, manfaat obat herbal, manfaat obat tradisional, manfaat penggunaan obat herbal, tanaman obat dan manfaatnya, pengertian terapi herbal, manfaat obat tradisional secara umum,manfaat herbal, manfaat buah, manfaat sayuran.

--------------------------------------------------------------------------
PLASTIK PERTANIAN
Menyediakan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, dll. Hub. 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 (SMS/Call/WA)



Manfaat Daun dan Buah Kersen Bagi Kesehatan

Manfaat Daun dan Buah Kersen Bagi Kesehatan - Hallo sahabat Dunia Herbal, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Manfaat Daun dan Buah Kersen Bagi Kesehatan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Cara Mengolah Daun Kersen, Artikel Efek Samping Daun Kersen, Artikel Manfaat Daun dan Buah Kersen Bagi Kesehatan, Artikel Manfaat Daun Kersen Untuk Stroke, Artikel Manfaat Pohon Kersen, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Manfaat Daun dan Buah Kersen Bagi Kesehatan
link : Manfaat Daun dan Buah Kersen Bagi Kesehatan

Baca juga


Manfaat Daun dan Buah Kersen Bagi Kesehatan

Salam sehat sahabat herbal. Kali ini kita akan membahas sisi lain dan manfaat dari buah yang sering kita jumpai tumbuh di pinggir jalan dan kita makan tanpa mengetahui apa manfaatnya. Kersen atau nama lainnya buah talok tergolong dalam jenis buah-buahan berukuran kecil yang memiliki citarasa manis yang menggigit. Dikatakan menggigit karena memang buah ini memiliki rasa yang bebar-benar terasa manis. Buah kersen ini mempunyai bentuk bulat kecil dan ada titik hitam di bawahnya. Di Negara kita Indonesia,  khususnya di jawa, pohon kersen ini tumbuh dengan sendirinya tanpa dilakukan upaya- upaya perawatan khusus baginya. Bahkan saking mudahnya pohon kersen ini tumbuh di Jawa, banyak orang yang mencabuti pohon ini karena dirasa mengganggu., buah yang satu ini  memiliki banyak sekali nama pada tiap daerah. Beberapa nama lain dari kersen adalah cerry, baleci, keres, dan keresen.

Buah kersen yang masih muda berwarna hijau muda dan akan berubah menjadi merah terang saat buah kersen sudah mulai matang. Buah kersen atau cherry Jawa ini merupakan buah yang mempunyai banyak biji-bijian yang kecil, bahkan sangat kecil sekali dan berjumlah sangat banyak sehingga tidak dapat dihitung. Tanaman kersen sendiri mudah untuk tumbuh di mana saja sampai-sampai tumbuhan ini disebut tanaman atau pohon liar. Walaupun kersen tumbuh liar, manfaat yang tersimpan di dalam buahnya sungguh luar biasa. Ini adalah 15 manfaat buah kersen yang baik bagi kesehatan, diantaranya :

1. Anti-tumor
2. Pembunuh mikroba
3. Mengatasi radang
4. Mengatasi infeksi
5. Mengobati asam urat
6. Meredakan gejala flu
7. Menyembuhkan diabetes
8. Meredakan sakit kepala
9. Mencegah dan menyembuhkan batuk
10. Menurunkan tekanan darah tinggi
11. Sebagai antibakteri atau antiseptic
12. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah
13. Meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak  mudah sakit
14. Mengatasi kejang atau kaku di bagian saluran pencernaan akibat gastritis dan diare
15. Kandungan air pada buah kersen dapat mengembalikan kelembaban alami kulit sehingga kulit akan terus terlihat segar

BACA JUGA 

Cara Tuntas Atasi Diare Dengan Tanaman Jambu Biji


Manfaat Daun Kersen

Tumbuhan buah kersen tidak hanya kaya manfaat pada bagian buahnya saja. Daun dari tumbuhan kersen juga tidak kalahnya berkhasiat dengan buahnya. Daun tumbuhan kersen bisa diolah menjadi teh herbal yang sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh kita.
Cara membuatnya tidak terlalu sulit, cukup cuci sampai bersih dengan air mengalir lalu kengeringkan daun kersen dengan di jemur pada terik matahari kemudian seduh dengan air panas. Air panas yang tadinya putih bening akan berubah kecoklatan seperti air teh pada umumnya. Silahkan diminum dua kali dalam sehari untuk menurunkan tekanan darah tinggi, bagi yang menderita hipertensi.

Cara Kreatif Pengolahan Buah Kersen

Buah kersen cukup nikmat bila dikonsumsi langsung. Selain itu buah kersen juga bisa diolah menjadi sirup buah kersen yang segar.
Cara pembuatannya cukup mudah sahabat herbal.
Siapkan bahan-bahan yang akan digunakan seperti :
Buah kersen yang matang
Kayu manis
Gula pasir
Garam
vanilla

Siapkan pula beberapa peralatan yang akan butuhkan untuk proses pembuatan sirup  buah kersen sepert botol untuk mengemas sirup, penumbuk, saringan, panci, dan ember.
Berikut cara pembuatannya sirup Kersen :
1. Cuci hingga bersih buah kersen matang dengan menggunakan air mengalir
2. Pisahkan kulit dari daging buah kersen. Ada cara  yang mudah untuk memisahkan antara kulit dan daging buah kersen, yaitu dengan cara menumbuk buah kersen terlebih dahulu kemudian direbus.
3. Ketika buah kersen direbus, segera tambahkan bahan-bahan lain sepert gula pasir, garam, kayu manis, dan vanila. Takaran saji gula pasir dan buah kersen adalah 2:1
4. Bila air rebusan sudah mendidih, tiriskan dan saring agar air dan ampas terpisah.
5. Tuangkan air rebusan buah kersen yang sudah dingin ke dalam botol lalu tutup rapat.
6. Sirup herbal buah kersen pun sudah jadi dan siap sebagai minuman segar atau untuk dijadikan topping kue dan desert lainnya.

Satu pohon buah kersen biasanya berbuah sangat banyak. Walaupun buah kersen yang sudah matang terus dipetik setiap hari, buah kersen tidak akan habis karena pertumbuhan buah kersen yang cepat sehingga buah kersen muda cepat matangnya.
Pohon kersen bisa tumbuh hingga 5-8 meter. Ternyata tumbuhan kersen ini tidak hanya bisa ditemukan di Indonesia saja, melainkan juga di beberapa negara lainnya seperti Kamboja, india, Vietnam, Thailand,Inggris, Kosta Rika, dan Meksiko.

Demikianlah sahabat herbal pembahasan dan ulasan singkat kita tentang Manfaat Daun Kersen dan Manfaat Buah Kersen Bagi Kesehatan sekaligus sebagai alternatif herbal menyembuhkan berbagai macam penyakit. Sampai ketemu pada artikel herbal berikutnya.





Demikianlah Artikel Manfaat Daun dan Buah Kersen Bagi Kesehatan

Sekianlah artikel Manfaat Daun dan Buah Kersen Bagi Kesehatan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Manfaat Daun dan Buah Kersen Bagi Kesehatan dengan alamat link http://duniaherbal99.blogspot.com/2018/03/manfaat-daun-dan-buah-kersen-bagi.html

0 Response to "Manfaat Daun dan Buah Kersen Bagi Kesehatan"

Posting Komentar