DUNIA HERBAL

Memberikan informasi seputar dunia herbal
Manfaat tanaman obat, manfaat obat tradisional, manfaat obat herbal, manfaat obat tradisional, manfaat penggunaan obat herbal, tanaman obat dan manfaatnya, pengertian terapi herbal, manfaat obat tradisional secara umum,manfaat herbal, manfaat buah, manfaat sayuran.

--------------------------------------------------------------------------
PLASTIK PERTANIAN
Menyediakan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, dll. Hub. 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 (SMS/Call/WA)



Manfaat Buah dan Daun Kersen Bagi Kesehatan

Manfaat Buah dan Daun Kersen Bagi Kesehatan - Hallo sahabat Dunia Herbal, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Manfaat Buah dan Daun Kersen Bagi Kesehatan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Buah Kersen, Artikel Sehat Dengan Buah, Artikel Sehat Dengan Tanaman Obat, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Manfaat Buah dan Daun Kersen Bagi Kesehatan
link : Manfaat Buah dan Daun Kersen Bagi Kesehatan

Baca juga


Manfaat Buah dan Daun Kersen Bagi Kesehatan

Buah kersen (Muntingia Calabura L) atau lebih di kenal dengan talok, keres, atau juga cery Jawa, buahnya kecil dan manis. Salah satu jenis pohon pinggir jalan ini banyak sekali kita jumpai, terutama di wilayah-wilayah yang kering, di pinggir sungai. Pohon kersen tumbuh dan cepat membesar, itulah mengapa banyak orang memilihnya sebagai naungan. Namun, disamping fungsinya sebagai tanaman peneduh, sebenarnya tanaman ini mempunyai manfaat besar yang tak semua orang menyadarinya. Ya, tanaman ini bermanfaat untuk kesehatan.

Kandungan Senyawa Dalam Buah Kersen
Dalam 1 buah kersen mengandung:
- air 77,8 gr
- protein 0,384 gr
- lemak 1,56 gr
- karbohidrat 17,9 gr
- serat 4,6 gr
- abu 1,14 gr
- kalsium 124,6 mg
- fosfor 84 mg
- besi 1,18 mg
- karoten 0,019 gr
- tianin 0,065 gr
- ribofalin 0,037 gr
- niacin 0,554 gr
- Vitamin C 80,5 mg.
Nilai Energi yang dihasilkan adalah 380KJ/100 gram. Ini menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi kersen, kita bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Buah kecil berwarna merah seperti anggur dan manis ini tidak hanya bisa dinikmati secara langsung dengan memakan buahnya, tetapi kita juga bisa mengolahnya menjadi sirup, selai, dan jus.

Manfaat Buah Kersen Bagi Kesehatan
1. Mengobati asam urat
Dengan mengkonsumsi 9-10 biji buah kersen selama 3x sehari dipercaya bisa menyembuhkan asam urat.

2. Mengobati penyakit kuning (liver)
Penelitian para ahli dibidangnya menyebutkan bahwa buah kersen dapat membantu mengobati penyakit kuning, kolesterol jahat hingga radang tenggorokan. Tidak hanya buahnya, daun dan bunganya pun bermanfaat membantu menyembuhkan penyakit tersebut. Pada penyakit hepatitis, anda dapat mengobatinya menggunakan 30 gram bunga kersen yang direbus dengan segelas air dan minum air rebusan tersebut 2 – 3 kali sehari sampai sembuh.

3. Membunuh bakteri
Selain buah kersen itu sendiri, ternyata daunnya juga mempunyai kandungan yang luar biasa. Di dalamnya, anda akan mendapatkan berbagai kandungan senyawa seperti sponin, flavonoids, dan tannin yang mampu membunuh bakteri atau mikroba yang ada di dalam tubuh. Rebusan daunnya mampu mematikan berabagai jenis bakteri antara lain S. Aureus, S. Epidermis, serta K. Rhizophil.

4. Membunuh sel kanker
Mengapa buah kersen mampu mencegah kanker dengan membunuh selnya? Ternyata di dalam daunnya terdapat flavonoid yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Telah diuji secara laboratories dan kini anda yang harus membuktikan sendiri.

5. Obat diabetes
Konsumsi air rebusan daun buah kersen. Caranya dengan mengambil daunnya sebanyak 50 hingga 100 gram. Kemudian ambil satu liter air dan tunggu hingga mendidih. Silakan minum selagi hangat. Konsumsi minuman tersebut sebanyak dua kali sehari.

6. Mengurangi radang
Selain mampu menjadi obat diabetes, hasil rebusan daun kersen juga mampu mengurangi radang atau berperan sebagai antiinflamasi. Juga, dapat mengurangi panas tubuh atau demam.

7. Meningkatkan daya tahan tubuh
Buah ini memang kaya akan manfaat vitamin C, terutama pada buah yang telah masak. Vitamin C sangat bermanfaat untuk mencegah bibir pecah-pecah/sariawan, juga sangat membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

8. Untuk mengobati sakit jantung
Dengan mengkonsumsi 9-10 biji buah kersen selama 3x sehari dipercaya bisa menyembuhkan sakit jantung.

Manfaat Daun Kersen Untuk Kesehatan
Selain buahnya yang sangat bermanfaat ini, ternyata daunnya juga menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain:
1. Sebagai obat kolesterol
Anda dapat mengatasi kolesterol jahat dengan meminum rebusan 2 genggam daun kersen dengan 3 gelas air. Rebus hingga air tersisa 1 gelas kemudian minum sekitar 3 kali sehari.

2. Sebagai antiseptik
Kandungan senyawa tanin, flavonoids, dan saponin yang dimiliki mampu membunuh berbagai bakteri.

3. Menghambat pertumbuhan sel kanker
Kandungan senyawa flavonoid daun kersen ternyata dapat menghambat pertumbuhan sel kanker secara invitro.


Demikianlah Artikel Manfaat Buah dan Daun Kersen Bagi Kesehatan

Sekianlah artikel Manfaat Buah dan Daun Kersen Bagi Kesehatan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Manfaat Buah dan Daun Kersen Bagi Kesehatan dengan alamat link http://duniaherbal99.blogspot.com/2014/11/manfaat-buah-dan-daun-kersen-bagi.html

0 Response to "Manfaat Buah dan Daun Kersen Bagi Kesehatan"

Posting Komentar