DUNIA HERBAL

Memberikan informasi seputar dunia herbal
Manfaat tanaman obat, manfaat obat tradisional, manfaat obat herbal, manfaat obat tradisional, manfaat penggunaan obat herbal, tanaman obat dan manfaatnya, pengertian terapi herbal, manfaat obat tradisional secara umum,manfaat herbal, manfaat buah, manfaat sayuran.

--------------------------------------------------------------------------
PLASTIK PERTANIAN
Menyediakan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, dll. Hub. 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 (SMS/Call/WA)



Ramuan Herbal Untuk Mengobati Kencing Batu

Ramuan Herbal Untuk Mengobati Kencing Batu - Hallo sahabat Dunia Herbal, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Ramuan Herbal Untuk Mengobati Kencing Batu, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Penyakit Kencing Batu, Artikel Sehat Dengan Tanaman Obat, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Ramuan Herbal Untuk Mengobati Kencing Batu
link : Ramuan Herbal Untuk Mengobati Kencing Batu

Baca juga


Ramuan Herbal Untuk Mengobati Kencing Batu

Apa itu penyakit kencing batu?
Penyakit kencing batu adalah salah satu jenis penyakit saluran kemih, yaitu terdapat batuan akibat dari pengendapan, dan dapat menyebabkan infeksi, pendarahan bahkan peradangan. Penyakit kencing batu atau batu yang terdapat di saluran kemih ini menimbulkan gejala yang dirasakan cukup hebat seperti sakit saat ingin berkemih dan nyeri pada perut. Penyakit kencing batu merupakan cikal bakal dari penyakit gagal ginjal. Hal ini dikarenakan penyakit kencing batu yakni terdapatnya batu pada saluran kemih berhubungan langsung dengan fungsi organ ginjal.

Apa penyebab terjadinya kencing batu?
Penyebab terbentuknya batu kemih pada saluran kandung kemih ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor biologik dan faktor genetik. Jika dilihat dari jenis kelamin, pria memiliki resiko yang lebih tinggi dibanding dengan wanita yakni 3:1. Faktor keturunan juga memainkan peranan penting dalam penyakit apapun. Jika orangtua memiliki riwayat penyakit kronis tertentu atau penyakit lainnya, maka diturunkan oleh anaknya dengan resiko 6 kali besar.

Pola hidup seseorang menentukan resiko terkena kencing batu. Orang yang rutin mengkonsumsi air putih minimal 2 liter per hari akan meningkatkan diuresis untuk mencegah terjadinya batu. Seseorang yang banyak bergerak atau rajin beraktivitas, rajin berolahraga memiliki resiko lebih kecil terkena kencing batu dibanding dengan seseorang yang jarang bergerak.

Jika ditinjau dari letak geografis, masyarakat yang tinggal didaerah yang dengan cuaca iklim yang cukup panas (tropis) memiliki reiko lebih besar terserang penyakit kencing batu. Hal ini disebabkan oleh mereka yang tinggal di daerah tropis seperti halnya Indonesia. Mengeluarkan cukup banyak keringat sehingga sering terjadi dehidrasi yang membutuhkan cairan lebih banyak dalam tubuh. Produksi keringat yang lebih banyak akan mengurangi produksi urine.

Faktor lain yang menjadi penyebab terjadinya kencing batu adalah adanya infeksi pada bagian ureter atau saluran kandung kemih. Proses terjadinya batu saluran kencing disebabkan oleh supersaturasi. Supersaturasi merupakan bahan tertentu yang terdapat di dalam urine yang melebihi kapasitas dan kemampuan cairan urine untuk melarutkannya. Yang disebut supersaturasi adalah bahan-bahan yang mengandung garam-garam dari oksalat, asam urat, sistein dan xantine. Apabila kadar garam lebih tinggi disertai dengan pengurangan volume urine akan mengakibatkan terjadinya kristalisasi.


Apa saja gejala terkena penyakit kencing batu?
Gejala yang umum terjadi bila terkena penyakit kencing batu antara lain:
- saat kencing terasa sakit, nyeri
- saat kencing keluar sedikit-sedikit, tidak bisa tuntas (anyang-anyagen)
- warna air seni seperti air daging, agak kemerahan
- rasa nyeri di saluran kemih
- kadang disertai dengan rasa mual dan demam

Apa perbedaan kencing batu dengan batu ginjal?
>> Batu ginjal
Merupakan mineral padat seperti batu yang terbentuk di sepanjang saluran
kemih dan bisa menyebabkan nyeri, perdarahan, penyumbatan aliran kemih, atau
infeksi. Batu ini bisa terbentuk juga di dalam ginjal (batu ginjal) maupun di dalam
kandung kemih (batu kandung kemih). Nefrolitiasis adalah sebutan untuk kondisi memiliki batu ginjal. Jika di saluran kemih disebut sebagai urolithiasis, dan ureterolithiasis istilah yang digunakan untuk batu terletak di ureter. Sebagian besar batu ginjal bisa keluar melewati saluran kencing dengan sendirinya. Lithotripsy atau teknik bedah dapat digunakan jika batu ginjal tersebut tidak bisa keluar dengan sendirinya.

>> Kencing batu
Merupakan istilah awam yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk
penyakit batu saluran kemih dan penyakit ini merupakan penyakit kronis.

Ramuan Herbal Untuk Menyembuhkan Kencing Batu
Resep 1
Bahan:
- 7 lembar daun keji beling
- 1 genggam daun kumis kucing
- 2 ruas kunyit, diiris tipis
- 3 batang meniran.
Cara membuat:
- Cuci bersih semua bahan tadi
- potong kecil-kecil semua bahan
- rebus semua bahan-bahan tadi dalam 4 gelas air sampai tersisa 3 gelas
- saring, minum ramuan ini 3 kali sehari sebanyak setengah gelas.

Resep 2
Bahan:
- 7 lembar daun tempuyung
- 1 genggam kumis kucing
- 15 gr batang meniran kering
- 1 ruas temulawak, diris tipis-tipis
Cara membuat:
- cuci bersih seluruh bahan, semua dipotong kecil-kecil
- rebus semua bahan tadi dengan 4 gelas air sampai tersisa 3 gelas
- saring, minumlah ramuan ini 3 kali sehari sebanyak setengah gelas.

Resep 3
Bahan:
- 8 lembar daun keji beling
- 8 lembar daun ungu
- madu secukupnya.
Cara membuatnya:
- cuci bersih semua bahan kemudian rebus bersama 3 gelas air - rebus ramuan ini sampai kira-kira tersisa 2 gelas
- saring kemudian tambahkan madu, minumlah larutan ini setiap hari sebanyak satu kali.

Resep 4
Bahan:
- tunas pohon bambu kuning
Cara membuat:
- cuci bersih tunas bambu kuning, diiris kecil-kecil, jemur hingga kering
- Setelah kering, rebus hingga air berubah warna kekuningan seperti teh - saring dan minum selagi hangat sehari sekali
- irisan bambu kuning tadi dapat digunakan sekali lagi.



Demikianlah Artikel Ramuan Herbal Untuk Mengobati Kencing Batu

Sekianlah artikel Ramuan Herbal Untuk Mengobati Kencing Batu kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Ramuan Herbal Untuk Mengobati Kencing Batu dengan alamat link http://duniaherbal99.blogspot.com/2014/11/ramuan-herbal-untuk-mengobati-kencing.html

0 Response to "Ramuan Herbal Untuk Mengobati Kencing Batu"

Posting Komentar